05/04/2015

9 Cara Ampuh Mempercepat Komputer dan Laptop super Lelet!

Sebelum Melakukan tips-tips dibawah, ada baiknya ketahui dulu spesifikasi perangkat Komputer/Laptop yang anda miliki.

Beberapa faktor penyebab komputer dan laptop super lelet adalah...

  • Kapasitas RAM yang kecil.
  • Processor yang kurang memadai dengan sistem operasi yang digunakan. 
  • Ruang space hardisk yang sudah full atau hampir penuh.
  • Faktor OS itu sendiri, sebagai contoh registry yang menumpuk karena sering install uninstall software atau program.
  • Antivirus yang terlalu berat pada perangkat komputer untuk dijalankan seperti bitdefender dan kaspersky.
  • Adanya virus atau malware yang secara tidak sengaja meng infeksi Komputer/Laptop anda
  • Dan lain sebagainya.
Dan berikut adalah beberapa cara ampuh mempercepat komputer dan laptop jadi lebih cepat dari biasanya.

Cara Efektif Mengatasi Laptop dan Komputer Lemot sering Hank


1.Langkah pertama

Sebijaksana mungkin dalam menginstall system operasi. Maksudnya jangan memaksakan system requirement pada Komputer/Laptop yang anda miliki. Sebagai contoh windows 8 butuh ruang sekian dan ram sekian tapi di install pada Komputer juga Laptop yang kurang memenuhi standar requirement tersebut. Saran bila anda memakai Komputer/Laptop versi lama pakailah windows Xp.

2. Langkah kedua

Install software yang hanya di butuhkan saja, misal software microsoft office, antivirus, media player, browser internet dan software compress seperti 7zip atau winrar. install juga driver-driver penting seperti driver audio, vga, bluetoth dan lain untuk mengoptimalkan kinerja Komputer dan Laptop anda.

3. Langkah ke tiga

antivirus microsoft
Install antivirus yang ringan, seperti avira smadav atau microsoft security esential yang tentunya tidak akan memberatkan Komputer/Laptop anda.

4. Langkah ke empat

Matikan fitur aero dengan cara 
klik kanan pada dekstop - pilih personalize - ganti theme ke basic
aero

cara ini cukup efektif dan efisen untuk mempercepat proses kinerja komputer atau laptop anda.


5. Langkah kelima

Disable auto startup untuk mempercepat proset booting, caranya 
klik start pada logo windows ketikkan "msconfig" di search programs and file atau dengan cara tekan tombol bergambar windows+r
msconfig

6. Langkah ke enam

Defrag hardisk sistem operasi anda caranya klik start-all programs-accessories-system tools-disk defragmenter.
disk defragmenter

7. Langkah Ke Tujuh


Hapus dan bersihkan file tidak perlu/junk files dengan bantuan software pihak ketiga seperti ccleaner,tune up,advanced system care dan lain sebagainya.

8. Langkah ke delapan

Jangan menggunakan gadget yang berlebihan karena gadget juga menggunakan memori ram untuk proses.

9. Langkah ke sembilan

Ini hanya opsional tapi rekomendasi, upgrade RAM, Processor dan VGA card anda karena semakin hari software yang dikembangkan oleh developer pasti juga akan membutuhkan tenaga dan ram yang besar, tentu saja ini membutuhkan biaya tapi tidak ada salahnya jika anda menginginkan perangkat komputer/ laptop yang lebih maksimal.

22 komentar

kalau cara mengatasi komputer sering hang apa ya gan ???

tadi ini kena blue screen dan sekarang lemot, kok bisa ya gan

Nice, laptop ane udah mulai lemot nih :3

info yang bermanfaat gan, work ^_^

alhamdulillah laptop saya jarang mengalami lemot karena perawatan yang rutin dan juga rajin bersihin sampah

iya juga,,bener ini sangat berpengaruh gan..tidak terfikir oleh saya :v thx lho yaaa

Nice, mantap sob.. Boleh nih dicoba tipsnya kalau lagi lemot komputer saya.. :)

karspersky bukannya berbayar ye gan... ane trial udh habis soalnya :/

makasih informasinya mantap gan

langsung di coba gan . .

apakah overheat juga bisa jadi faktor ? salam TKJ

tipsnya bermanfaat gan, perlu dicoba :)

thanks gan, ijin praktek nih

Kebetulan nih laptop ane Lemot banget gara2 kebanyakan game :v
Nice share gan (y)

Ijin nyoba bang

Thanks gan..ane ijin nyoba :D
Laptop ane agak lag

dibuat best performence lodingnya bisa cepat tapi tampilanya jelek.

saya pake bitdifender gan, harus saya apain nih anti virus ane ?

wah triknya patut dicoba :D

saya setuju dengan cara yang ketiga... anti vurus ini memang ampuh.. dulu laptop saya pernah lemot dan ngelak setelah saya usut ternyata terserang virus shortcut dan saya coba untuk membersihkanya dengan anti virus dan anti virus yang sanggup membersihkan virus tersebut adalah Microsoft security essential

cocok sekali dengan masalah ane sekarang ini gan, bakal ane coba ni cara nya thank ya gan

Nice post, sekarang PC ane gx lemot lagi, Thks broo...


EmoticonEmoticon