08/04/2015

Berkenalan Dengan Chrome OS (linux)

laptop  Chromebooks.

Chrome OS

Adalah sebuah sistem operasi terbuka buatan Google untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web yang ditujukan untuk perangkat komputer dan laptop juga tersedia versi mobile dan tablet.
Untuk bisa berjalan Chrome OS perlu koneksi data internet,  sebab Google percaya bahwa saat ini dan di masa depan, perangkat komputer akan sangat membutuhkan internet.
 

Oleh sebab itu pihaknya merealese Os chrome pada tanggal 7 Juli 2009 dengan Antarmuka penggunan yang dirancang mengambil pendekatan minimalis. Kelebihan dari Chrome adalah internet dan bebas dari virus. 

Karena harus selalu terhubung internet, hampir semua yang dibutuhkan pengguna dapat dilakukan seperti melakukan kegiatan mendengarkan musik, melihat film, bermain  game online, berbagi dokumen, berbelanja online, membaca berita di internet. 

Semua bisa dilakukan bahkan tanpa harus menginstal software tambahan. Oleh karena itu aplikasi yang dibutuhkan hanyalah software browser, pemutar media dan file manager untuk copy atau memindah file. Sistem operasi ini di perangkat khusus yang diberinama Chromebooks. 

Berkenalan Dengan Chrome OS (linux)

 

Menurut Google, dunia telah berganti dari model PC untuk individu bekerja secara  offline, menjadi bisnis internet sharing file antar tempat kerja secara online dimana saja dan kapan saja. 

Faktor tersebut secara tidak langsung mengurangi pentingnya sebuah proses power dan kompleksitas system operasi. Faktor lainnya adalah memudahkan pihak pengguna atau user ketika update status sosial seperti Facebook, Twitter, mengedit sebuah foto atau file video yang membutuhkan daya tahan baterai dan kecepatan processor. 

Dibawah ini adalah salah satu dari beberapa kecanggihan dan keunggulan OS Chrome :

 

  • Sistem Operasi TERBAIK dan definitif baik untuk Personal Komputer dan Server.
  • 100 persen GRATIS untuk penggunaan pribadi dan komersial bisnis.
  • Dua kali lebih cepat dibandingkan sistem operasi Windows XP, Vista dan Mac OS.
  • lebih powerfull disandingkan dengan Windows XP dan Mac OS X Emulation software built-in.
  • Hampir sepenuhnya bisa menjalankan 99% perangkat lunak ( Software) asli dan dari semua sistem operasi Windows XP, Vista dan Mac OS X software.
  • Requirement minimal untuk kebutuhan hardware adalah 600MHz prosesor, disk space 1,5gb dan ram hanya 256 mb saja.
  • Bisa juga digunakan mulai dari versi mobile tablet hingga perangkat pc atau laptop.
  • Bisa berjalan secara otomatis PARALEL dengan kecepatan tinggi pada pengolahan dengan Dual dan Quad Core prosesor. 
  • Mendukung multi core processor.
  • Kemudahan yang sangat fantastis dalam proses instalasi, hanya dengan mengkopi Google OS pada HDD yang telah diformat kemudian secara otomatis dia bisa menginstalnya sendiri!
  • Support dengan berbagai format hard disk  FAT32 atau NTFS, juga mendukung Linux.
  • Google OS juga berfungsi untuk memproteksi sistem kernel, HDD sistem file dan file sistem Google OS telah terbebas dari hampir semua jenis malware dan Spyware.
  • Ratusan software disediakan secara gratis dengan men-download termasuk Google OS (Microsoft Office 100% kompatibel!) GoOffice Suite.
  • Menjalankan Google Chrome secara sempurna, mengolah data Google Mail dan editing Google Dokumen, aplikasi dan layanan lainnya dari google.
  • Terbebas dari iklan baik itu online atau offline, tidak ada satupun virus dan spyware yang membahayakan.
  • Tidak terlalu tampak banyak task bar yang membingungkan. 

Jika ada kelebihan dan keunggulan pasti juga ada kelemahan dan Kekurangan, berikut adalah salah satu dari beberapa kekurangan dan kelemahan dari Chrome OS yang telah diketahui :

  • Privacy : Google mendapat dan menyimpan 2 persen hasil pencarian oleh user, lengkap beserta alamat IP dari penggunanya. Walaupun dalam keadaan tertentu interpretation ini akan dianonimkan atau disamarkan. Ini artinya orang" goole  tentu saja bisa tahu, siapa mencari apa dan dimana letak client.
  • Celah Keamanan : beberapa pakar telah  menemukan adanya lubang kecil atau bugs pada Os chrome. Oleh sebab itu ketika membuka suatu halaman sebuah situs menjadi crash. Lalu sistem operasi Chrome juga memiliki underline download akan otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan Hacker.
  • Extensions : pada Sistem oerasi Chorme tidak punya extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan.
  • Dukungan bahasa : dari sumber yang di dapat dikatakan terdapat beberapa kejanggalan dalam olah tata bahasa. Tapi mungkin sudah diatasi oleh pihak pengembang.


Referensi :
jendelatekno.com/2014/03/17/google-chrome-os
imazdf.blogspot.com/2011/10/kelebihan-dan-kekurangan-chrome-os.html

13 komentar

thank's infonya gan , sangat bermanfaat

thank infonya, :D done

beneran bebas virus kah gan ?

jadi tau saya gan, nice post

Weh, seperti biasa keren :v
Btw, ada yang pake itu OS ga di sini? :v

Anonymous delete 22:05

Wah ini yang saya cari. ketemu juga akhirnya

jadi pengen install chrome os :)

om google tak henti berkreasi, nice info kak

ane tau sih om dkit", tpi krna artikel ini saya jadi lebih tau :D

makasih mas , jadi nambah pengetahuan :D

Mas thanks ya karena sudah memberitahukan saya tentang kelebihan dan kekurangan chrome OS

saya udah coba tapi masih bingung cara buat dual botable soalnya instalasinya lama banget kalau di buat dual botable


EmoticonEmoticon