22/04/2015

Pengertian Sistem Operasi, Perkembangan Sistem Operasi Secara Umum

sistem operasi pengertian

Sistem operasi (operating system)

Adalah sebuah sistem peng"operasi" hardware yang dimodifikasi sedemikian rupa berbentuk perangkat lunak (software) dengan antarmuka pengguna untuk mengelola sumber daya perangkat keras(hardware) atau peripheral komputer, fungsi terpentingnya yaitu sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan perintah dari pengguna (brainware) dan penggunaan komputer yang tidak diperlukan.

Tanpa adanya sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. Pengertian sistem operasi secara umum adalah sebuah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting.

Sedangkan software - software lainnya berjalan setelah sistem operasi dijalankan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu. Layanan dari inti tersebut seperti akses ke ruang penyimpanan disk, manajemen memori, penjadwalan tugas (schedule task) , dan juga antar-muka / user GUI / CLI.

Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum, sebab dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi., bagian kode yang bertugas untuk melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan" kernel" suatu sistem operasi. contoh sistem operasi adalah windows dari microsoft, sistem linux, mac os dari aple, unix, symbian, android dari google, blackberry dan lainnya

Secara umum sistem operasi terdiri dari beberapa bagian :

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel kedalam memory kernel, kernel juga dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
  2. Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca data input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain.Contoh lain dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98),XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
  3. Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
  4.  Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  5. Handler, Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu. 

Sistem operasi mulai berkembang


Perkembangan sistem operasi dimulai dari terciptanya altair, yaitu perangkat komputer pertama pada tahun 1975 yang ber intikan sistem operasi CP/M dan kemudian oleh perusahaan microsoft dirilis menjadi MS-DOS Dan berkembang lagi dari versi 1.0 di tahun 1981 hingga MS-DOS versi 5.0 pada tahun 1991 hingga sampai saat ini microsoft telah mengeluarkan beberapa sistem operasi mulai dari :
  • Ms-windows
  • windows 97
  • windows 98
  • windows 98 Me
  • windows 2000
  • windows ME
  • windows XP
  • windows vista
  • windows 7
  • windows 8
  • Dan yang terakhir ini adalah windows 10 yang masih dalam proses/technical preview.


EmoticonEmoticon