30/04/2017

Laptop Cepat Panas? Baca Tips Sederhana Mendinginkan Laptop Berikut

Laptop Cepat Panas? Baca Tips Sederhana Mendinginkan Laptop Berikut - Tentu sangat tidak nyaman apabila ini terjadi. Laptop yang panas dapat mengekibatkan beberapa performa berkurang. Hal ini tentu membuat Anda tidak nyaman bekerja ataupun bermain Game.
Laptop Cepat Panas
Laptop tidak sama dengan komputer walaupun kegunaannya sama. Laptop cepat panas karena laptop berukuran kecil sehingga ruang untuk udara masuk sangat kecil. Hal ini membuat laptop lebih cepat panas daripada komputer. Laptop yang panas atau overheat akan mengakibatkan berbagai macam dampak. Seperti black screen, mati mendadak, hang, windows tidak respon, dll.

Berikut adalah penjelasan saya mengenai beberapa faktor yang membuat laptop Anda menjadi panas dan solusi mengatasi agar laptop anda tidak panas.

Cara Sederhana Membuat Laptop Agar Tidak Panas


1. Meletakkan Laptop di Kasur

Jika Anda sering meletakkan laptop di atas kasur atau sejenisnya mungkin menjadi salah satu penyebab laptop Anda cepat panas. Debu yang ada di kasur akan terhisap dan menutupi permukaan saluran sirkulasi udara.

Solusi : Hindari bermain laptop di atas kasur ataupun sejenisnya. Jika Anda tetap ingin bermain laptop di kasur maka sebaiknya meletakkan alas papan atau benda keras yang serupa papan sebagai alas laptop, agar laptop tidak kontak langsung dengan kasur.

2. Lamanya Waktu Penggunaan

Penggunaan yang begitu lama dapat membuat laptop cepat panas dan apabila terus digunakan dapat mengakibatkan laptop menjadi overheat. Overheat adalah kondisi dimana laptop berada pada suhu yang tinggi.

Solusi : Istirahatkan laptop Anda jika terjadi panas berlebihan. Panas berlebihan biasanya ditandai dengan berkurangnya performa kerja laptop seperti laptop sering macet dan tidak merespon aplikasi. Sebaiknya istirahatkan laptop Anda selama 10 menit setiap 3 jam sekali. Ataupun Anda juga bisa menggunakan coolpad sebagai alat bantu pendingin.

3. Laptop Cepat Panas Karena Thermal Paste Kering

Jika laptop Anda sering blank berkelanjutan saat beban tinggi, kemungkinan besar masalah terletak pada sistem pendinginnya. Seiring dengan lamanya penggunaan dan lanjutnya usia laptop, membuat thermal paste gel mengering. Thermal paste berfungsi membantu menghantarkan panas yang ada pada GPU dan processor. Gantilah Thermal Paste tersebut dengan mengolesinya yang baru.

4. Kipas Tidak Lagi Berfungsi Secara Normal

Fungsi kipas adalah untuk mendinginkan. Salah satu penyebab laptop Anda sering panas mungkin karena kipas pendinginnya sudah berdebu. Cobalah membersihkan kipas pendingin laptop Anda. Namun apabila Anda tidak mempunyai pengalaman dalam membongkar laptop sebaiknya anda meminta bantuan orang yang ahli dalam hal ini. ataupun anda juga bisa membawa ke tempat service komputer.


EmoticonEmoticon